Wednesday, April 9, 2014

Kandungan gizi coklat

Coklat kakao memiliki efek fisiologis untuk tubuh .Kandungan ini banyak di hubungkan dengan dengan tingkat serotonin dalam otak.Menurunkan tekanan darah jika di makan secara teratur.
Berikut Kandungan gizi coklat kakao
1. Lemak kakao :  terdiri atas 37,50 asam tidak jenuh, yaitu asam oleat dan sisanya lebih kurang 61,40% merupakan asam lemak jenuh yaitu campuran dari asam sterat dan asam palmitat.
2. Karbohidrat : Kakao mengandung cukup banyak senyawa karbohirat dari jenis sederhana dan kompleks. Kandungan karbohidrat adalah senyawa monosakarida. Biji kakao tidak menambah kadar gula dalam darah karena selain proses penyangrainya biji kakao, glukosa dan fruktosa.
3. Protein : biji kakao mengandung protein yang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Protein juga menghasilkan energi sebesar 4,1 kkalori/gram. 
4. Senyawa Penyegar : Selain memasok kebutuhan nutrisi tubuh, beberapa jenis makanan bisa mempengaruhi suasana hati menjadi baik. Rasa tenang, tegar. Perasaan senang bermula dari aktivitas sel syaraf di dalam otak jenis neurotransmitter yang memegang peranan penting dalam menjaga atau menimbulkan perasaan senang, tenang dan dopamin. Dopamin dipicu dalam otak oleh senyawa feniletilamina.
5. Kadar Mineral : Biji kakao mengandung mineral P,K,Cu, Mg, Ca, S dan Fe dalam jumlah yang memadai.
6.  Vitamin : Biji kakao mengandung berbagai jenis vitamin penting A, B, C, D, E dalam jumlah memadai.  

No comments:

Post a Comment