Saturday, August 11, 2012

Hasil Uji Kompetensi Guru Masih di Bawah Harapan

TEMPO.CO , Jakarta: Hasil sementara Uji Kompetensi Guru (UKG) masih di bawah standar yang diharapkan. Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penjaminan Mutu Pendidik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Syawal Gultom, menyebutkan nilai rata-rata nasional hasil perhitungan per 1 Juli 2012 adalah 47,84.


"Ini menggambarkan bahwa kami harus serius melakukan pembinaan bagi guru-guru," kata Syawal kepada Tempo.

Syawal mengatakan, nilai ideal adalah 65. Ini adalah standar yang ditetapkan pada murid jika ingin mendapat predikat tuntas dalam suatu mata pelajaran. "Guru mestinya di atas (standar) itu," ujarnya.

Angka rata-rata nasional sementara ini, menurut Syawal, didapatkan dari hasil ujian 151 ribu peserta atau sekitar 15 persen dari seluruh jumlah peserta UKG 2012. Syawal mengatakan pihaknya masih terus melakukan perhitungan hingga gelombang pertama selesai.

Hasil sementara ini, dia menambahkan, juga tidak jauh berbeda dengan Uji Kompetensi Awal di 2012 ini. Saat itu, nilai rata-rata nasional adalah 42,25.

Melihat hasil yang di bawah harapan ini, Syawal berencana mengadakan pelatihan dan pendidikan bagi guru pada 2013. Syawal mengatakan, guru-guru akan dikelompokkan berdasarkan hasil UKG. "Yang lemah pada satu materi tertentu, misalnya aljabar, akan disatukan dan mengikuti pelatihan bersama," kata Syawal.

Pelatihan pada 2013, menurut dia, dimaksudkan untuk menjangkau semua guru. Bagi guru-guru yang belum ikut UKG pada 2012 ini, dia harap akan mengikuti UKG pada 2013. Dengan begitu, sebanyak 2,1 juta guru PNS dan guru tetap yayasan bisa mengikuti pelatihan dan pendidikan pada 2013 mendatang.

Untuk menghemat biaya, Syawal menjelaskan, pihaknya akan menggunakan berbagai macam bentuk pelatihan di samping tatap muka untuk menghemat biaya, misalnya modul terpantau dan pelatihan online.

"Yang jelas, semua guru tetap harus dijangkau, karena itu adalah amanat undang-undang,"

No comments:

Post a Comment