Thursday, June 14, 2012

Anjing Sharpei

Salah satu jenis anjing yang disukai di Indonesia adalah anjing Sharpei. Keunikan anjing Sharpei ini berupa bentuk kepala yang unik seperti kuda nil. Selain itu, sedari lahir Anjing Sharpei memiliki lapisan kulit yang aneh, bergelambir seperti keriput. Keriput ini akan semakin memudar setelah anjing dewasa, namun keriput tetap bertahan di sekitar area kepala dan leher.

Jika kita lihat foto anjing Sharpei di internet, dua keunikan itulah yang membuat kita bisa membedakan anjing Sharpei dengan anjing lainnya dengan cepat. Sharpei sendiri merupakan salah satu jenis anjing yang berasal dari Cina. Nama Sharpei merupakan kata dari bahasa Tiongkok yang berarti selimut pasir. Dinamakan begitu karena anjing ini memiliki keriout yang kadangkala terlihat seperti mantel.
Bentuk anjing Sharpei dewasa memiliki proporsi tubuh yang seimbang. Badannya tegak dan ramping, dengan tinggi rata-rata mencapai 51 centimeter. Berat anjing Sharpei berbeda antara jantan dan betina. Jantan bisa memiliki berat sampai dengan 29 kilogram, sementara Sharpie betina hanya bisa mencapai berat 25 kilogram. Sebagai salah satu anjing ras, Sharpei memiliki usia maksimal 10 tahun. Satu bagian tubuh Sharpei yang unik adalah ekornya yang kecil dan menggulung ke atas.
Jika kita lihat di internet, banyak sekali dijual anjing Sharpei dengan harga yang lumayan mahal, yaitu sampai dengan Rp 4.000.000,00 untuk anjing dewasa berkualitas bagus. Banyak orang yang menyukai anjing jenis ini, karena termasuk tipe anjing yang mengesankan. Karakternya sendiri cenderung angkuh dengan orang asing, sehingga dari awal harus dibiasakan dengan sekeliling agar bisa beradaptasi. Selain itu, Sharpei termasuk anjing yang memiliki naluri berburu yang kuat, sehingga tidak cocok jika dijadikan penjaga ternak karena malah bisa membunuh ternak yang dijaga. Namun Sharpei bagus untuk penjaga rumah, karena karakter anjing yang angkuh ini membuat dia mandiri dan akan mengonggong jika ada orang asing masuk ke rumah.
Untuk pemeliharaan, anjing jenis ini tidak susah. Sharpie adalah jenis anjing yang harus dijaga kebersihannya, terutama karena keriput-keriputnya akan terlihat jorok kalau tidak sering dimandikan. Anjing ini juga memerlukan pembersihan telinga secara teratur serta pemotongan kuku-kuku kaki. Yang patut Anda sadari dari awal adalah anjing Sharpei ini harus dilatih setiap hari, misalnya olahraga harian dengan lari atau jalan, karena anjing ini juga memiliki karakter pemalas.

No comments:

Post a Comment