Saturday, June 16, 2012

manfaat kulit manggis

Kulit Manggis

Khasiat Kulit Manggis. Benarkah kulit manggis yang rasanya pahit mempunyai khasiat? Mungkin selama ini anda mengira bahwa cuma buahnya saja yang mempunyai banyak khasiat antara lain obat kanker, jantung, diabetes, stroke, insomnia, dll. Namun ternyata, kulit manggis pun bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Ternyata pada kulit buah manggis mengandung suatu senyawa xanthone, yaitu zat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Beberapa penelitian menunjukkan, senyawa ini memiliki sifat sebagai antidiabetes, antikanker, anti peradangan, antibakteri, antifungi, antiplasmodial, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Berarti, mulai sekarang apabila anda membeli buah manggis jangan lagi membuang kulitnya, tapi olahlah untuk ramuan alami buat kesehatan. Caranya tidak susah kok, pertama dengan bersih kulit buahnya, kemudian potong menjadi 2. Rebuslah potongan tersebut ke dalam 4 gelas air hingga menjadi kira-kira 2 gelas air. Nah, kemudian saring air rebusan tersebut dan minumlah 2 sampai 3 kali sehari.
Namun, meskipun kulit manggis mempunyai banyak khasiat akan tetapi kita tetap harus hati-hati karena kulit buah manggis mengandung kadar resin, tanin, serat kasar, dan komponen lainnya yang tidak dapat dicerna tubuh pada kadar tinggi. Gangguan pada ginjal dan usus serta organ lainnya dapat muncul akibat mengkonsumsi kulit buah manggis dalam bentuk tepung tanpa perlakuan yang baik.
Manfaat lain yang bisa didapat dari kulit manggis adalah untuk mengobati sariawan. Anda semua pasti pernah dong mengalami penyakit yang satu ini. Gejalanya diantaranya adalah bibir pecah-pecah dan terasa panas dan perih, tenggorokan terasa gatal namun bukan karena ingin batuk. Anda bisa memakai ramuan kulit manggis untuk mengatasinya, caranya kulit manggis yang telah dicuci bersih dan potong-potonglah sebesar kira-kira ukuran ibu jari. Rebuslah dengan 3 gelas air sampai airnya menjadi sekitar setengahnya. Dinginkan kemudian saring biar bersih dan gunakan untuk kumur-kumur lakukan 2 kali sehari.
Begitu banyaknya khasiat manggis mulai dari buah sampai kulitnya merupakan anugerah yang sangat besar dari sang pencipta yang wajib kita syukuri. Semoga artikel berjudul khasiat kulit manggis ini bisa menambah wawasan kesehatan anda serta menambah rasa syukur kepada sang pencipta atas karunia yang diberikannya.

No comments:

Post a Comment